ALIRAN ROMANTISME

Romantisme merupakan corak dalam seni rupa yang berusaha menampilkan unsur fantasi, irasional, indah dan absurd. Aliran ini mencoba menggambarkan sesuatu dari sudut pandang yang romantis sekalipun temanya adalah suatu tragedi yang dramatis. Cara pelukis menggambarkan objeknya bisa jadi sedikit menyimpang dari kenyataan. Jika itu menggambarkan objek atau orang yang sedang bergerak, maka ia di gambar lebih lincah, lebih gagah. Tokoh pria di gambarkan lebih gagah dan tokoh wanita di gambarkan lebih seksi dan cantik. Bermula dari aliran inilah kemungkinan besar para model yang akan di tampilkan dalam bentuk foto maupun visual yang lain di zaman sekarang memerlukan bantuan seorang pengarah gaya.

Aliran romantisme ini bermula pada akhir abad ke-18 hingga pertengahan abad ke-19. Nuansa ini telah mempengaruhi karakteristik budaya dan banyak karya seni dalam peradaban Barat.
Dimulai dengan gerakan kesenian dan intelektual yang kemudian berimbas pada terjadinya suatu revolusi kemapanan nilai nilai sosial dan keagamaan. Akibat lain yang di bawa aliran romantisme ini meninggalkan individualisme, subjektivitas, irasionalisme imajinasi, emosi, dan emosi alami melebihi alasan dan rasa intelektual.
Romantisisme muncul sebagai sebuah gerakan seni, sastra dan intelektual dariEropa Barat di abad ke-18. Gerakan ini juga muncul sebagai salah satu reaksi terhadap revolusi industri. Romantisme adalah gerakan yang ingin melepaskan diri dari norma norma kebangsawanan yang mengekang kebebasan berekspresi. Demikian juga reaksi sosial terhadap periode pencerahan dan rasionalisasi terhadap alam, dalam seni dan sastra.


Lukisan Lukisan Romantisme

Gerakan romantisme memberikan penekanan emosi yang kuat dari segi estetika dan menyertakan emosi seperti rasa takut, takjub, ngeri yang di alami ketika seseorang mengalami sublimasi dari pengaruh alam. Romantisme juga mengangkat seni rakyat, alam dan kebiasaan, serta menganjurkan epistemologi yang di dasarkan pada alam, termasuk aktivitas manusia yang di kondisikan oleh alam dalam bentuk bahasa, kebiasaan dan tradisi. Ia di pengaruhi oleh gagasan gagasan pencerahan dan mengagungkan medievalisme, serta unsur unsur seni dan narasi yang di anggap berasal dari periode pertengahan. Kata romantik sendiri berasal dari bahasa inggris yang berarti gagasan yang tidak rill.

Romantisme merupakan aliran tertua di dalam sejarah seni lukis moderen indonesia. Dirintis oleh pelukis pelukis pada jaman penjajahan belanda dan di tularkan kepada pelukis pribumi untuk tujuan koleksi dan galeri di zaman kolonial.
Salah satu pelukis indonesia yang terkenal dengan aliran ini adalah Raden Saleh Syarif Bustaman.

6 comments:

Anugrah Dwi Kusuma mengatakan...

Thank you ya Bang, temen ane nyari Ke-Romantisme-an susah amet, tinggal di copy buat tugas bang. Sorry copas mau disetor guru. ^_^

Unknown mengatakan...

Apa hubungan romantisme dan positivisme?

Unknown mengatakan...

@ yus :Positivism dalam semi rupa???
Hubungan nya adalah gerakan (aliran)lanjutan realism,seperti gerakan (aliran )romantisme dan naturalism kl saya tidak salah positivism adalah aliran filosopi?? Dan bukan merupakan gerakan senirupa? Dan pengertian positivism sendiri adalah filosopi yg berpangkal dari fakta positif dan berkaitan dengan naturalism

Unknown mengatakan...

@ yus :Positivism dalam seni rupa??? Kalo pun Ada mungkin
Hubungan nya adalah gerakan (aliran)lanjutan realism,seperti gerakan (aliran )romantisme dan naturalism kl saya tidak salah positivism adalah aliran filosopi?? Dan bukan merupakan gerakan senirupa? Dan pengertian positivism sendiri adalah filosopi yg berpangkal dari fakta positif dan berkaitan dengan naturalism

Unknown mengatakan...

@yus : hubungannya Ada hamil setelah romis romantisan ya positive hamil hehehehehehe ehemm hihihihi <== ketawa :)

Unknown mengatakan...

Butul hubungan nya hamil dek ... Setelah romantic baru positive pusing.. Haccihhhh...

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG, TINGGALKAN COMMENT JIKA BERKENAN ;)

 
Free Website templatesfreethemes4all.comLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Web Templates