FOTOREALISME


Fotorealisme adalah genre di dalam menyusun ulang karya fotografi menjadi karya lukis, khususnya dalam hal mencapai motif bersifat hiperrealisme. Lukisan Hiper Realisme mencitrakan objek secara mendetail dan akurat. Detail semua benda atau objek digarap dengan teknik yang sangat tinggi, dan menuntut skill yang sangat tinggi pula. Seniman Indonesia yang menekuni genre ini, di antaranya Dede Eri Supria Chusin, dan beberapa pelukis lain.
Di dalam seni rupa, istilah ini biasanya di pakai untuk merujuk pada lukisan lukisan dalam gerakan fotorealisme di akhir 1960-an hingga awal 1970-an yang populer di Amerika dan Eropa. Pada perkembangannya, ciri ciri lukisan ini menginspirasi pelukis pelukis  generasi setelahnya di seluruh dunia, termasuk di indonesia.

Dede Eri Supria " Urban "
Dede Eri Supria " No Smoking "
 
Meskipun aslinya merupakan gerakan dari Amerika, pada awal tahun 2000-an sekelompok perupa fotorealisme mulai berdiri. Termasuk didalamnya Clive head Steve Whitehead, Raphaella Spence, dan bertrand Meniel. Meskipun untuk mencapai tujuan fotorealisme karya karya mereka tetap mengikuti cara Amerika, namun tetap memasukan ciri khas tradisi seni Eropa.Kebanyakan Fotorealisme bekerja dengan objek objek pemandangan yang tidak biasa ditemukan  dalam lukisan tradisional, potret, dan still life.


Clive Head “ piccadilly ”

Steve Whitehead “ jubilee bridge “

Jeff Gillette “ dismayland “

Roland Heyder “ the pink ball “
 
Fotorealisme dengan disiplin mengikuti pola hasil imaji Fotografis, dan bila perlu dengan memproyeksikannya dengan bantuan proyektor dana memakai teknik grindding untuk memperoleh akurasi peniruan yang tinggi. Tingkat peniruan dalam fotorealisme sangat tinggi, bahkan dalam penekanan pada detail detail yang sering diabaikan oleh gaya lukisan lain, seperti kilatan permukaan logam dan bentuk bentuk geometris dari benda benda buatan manusia.
 

0 comments:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG, TINGGALKAN COMMENT JIKA BERKENAN ;)

 
Free Website templatesfreethemes4all.comLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Web Templates