GUSTAVE COURBET

Self Portrait

Gustave Courbet merupakan pelukis pertama yang menerima istilah sebagai pelukis realisme (1819-1877). Gustave Courbet merupakan orang yang sangat sederhana dari Ornans di perancis begian timur. Courbet beranggapan bahwa romantisme seni hanya pelarian dari kenyataan keras waktu itu, dan bahwa seniman harus melukis pengalamannya sendiri.
“ tunjukan bidadari padaku “ , “ biar nanti aku lukis “. Karena tak seorang pun dapat menunjukan bidadari bidadari padanya, Courbet melukis kanvas yang besar dengan kehidupan sehari hari dai perancis. Salah satu lukisan pertamanya yang bergaya realisme adalah “ Penguburan di Ornans “. Lukisan ini memperlihatkan sekelompok petani berduka di sekeliling makam.

 
Ia menggambarkan petani yang nampak haru dan situasi yang membosankan. Courbet menyajikan lukisan tersebut dengan kanvas berukuran 300 X 660 sentimeter. Ukuran seperti ini biasanya di sediakan untuk menggambarkan peristiwa bersejarah. Courbet  mengingatkan bahwa kehidupan petani juga berhak mendapat perhatian manusia. Kejujuran dalam detail objek terlihat pula dari karya karyanya.


“The Sleeping Spinner “ 
koleksi Metropolitan Museum Of Art New York

“ The Reflection of Ornans “

0 comments:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG, TINGGALKAN COMMENT JIKA BERKENAN ;)

 
Free Website templatesfreethemes4all.comLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Web Templates