Impresionisme


Impresionisme adalah suatu gerakan seni dari abada ke-19 yang dimulai di Paris pada tahun 1860-an. Nama ini awalnya di kutip dari lukisan Claude Monet, “Impression, Sunrise” (Impression soliel levant), kritikus Louis Leroy menggunakan kata ini sebagai sindiran dalam artikelnya di Le Charivari.


Claude Monet, “Impression, Sunrise”
 
Karakter utama lukisan Impresionisme adalah kuatnya goresan kuas. Warna warna cerah (bahkan banyak sekali pelukis Impresionisme mengharamkan warna hitam karena di anggap bukan merupakan bagian dari cahaya), komposisi terbuka, penekanan pada kualitas pencahayaan, subjek subjek lukisan yang tidak terlalu menonjol dan sudut pandang yang tidak biasa.


Edouard Monet “ Plum”
Seniman Impresionisme awalnya terinspirasi  oleh teori teori Eugene Delacroix yang mulai merasakan ketidak puasan terhadap perkembangan seni akademisi pada masa itu yang terlalu berkonsentrasi ke maxhab seni lukis klasik. Ia berpendapat bahwa lukisan tidak selamanya di bentuk dengan pengolahan garis secara berlebihan seperti di kembangkan oleh Ingres selama bertahun tahun.
Sebaliknya pengolahan bidang bidang warna dengan penuh perhitungan akan menghasilkan bentuk lukisan yang tidak  kalah menariknya. Namun Delacroix sendir bisa dianggap gagal melepaskan diri dari pengaruh pakem seni lukis akademi. 


Karya Horner Wishlow

Claude Monet “ Water Lilies”

Karya Macchiaioli

Bagaimanapun juga lukisannya masih berkonsentrasi pada bentuk bentuk secara ideal.
Kemudain pelukis secara radikal melanggar aturan aturan akademisi dalam pembuatan lukisan. Lukisan ini tidak lagi berkonsentrasi pada bentuk secara mendetail dengan mementingkan kontur, volume daan garis. Juga meninggalkan pengamatan struktural bentuk suatu objek. Sebaliknya suasana di dapat demgan menangkap kesan(impresi) cahaya yang di tangkap sekilas oleh mata. Akibatnya bentuk objek menjadi lebih sederhana tidak seperti lukisan naturalisme dan realisme.
Puncak gerakan seni Impresionisme di Perancis terjadi hampir bersamaan dengan negara lain di italia dengan pelukis Macchiaioli, dan Winslow Homer dari Amerika Serikat.

0 comments:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG, TINGGALKAN COMMENT JIKA BERKENAN ;)

 
Free Website templatesfreethemes4all.comLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Web Templates