ART NOUVEAU


Art Nouveau adalah sebuah aliran atau gaya seni rupa modern yang marak pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 di Eropa daratan, dan memuncak pada tahun 1890-1905. Karya Art Nouveau biasanya di cirikan dengan bentuk bentuk plastis dan organis, memiliki desain yang terinspirasi dari motif motif tumbuhan, tapi tetap mengandalkan prinsip prinsip geometris. Nama Art Nouveau itu sendiri bersal dari sebuah nama toko di Paris, yaitu Maison de L’Art Nouveau. Toko milik Seigfried Bing tersebut mempunyai banyak objek yang kemudian menjadi pendekataan dari bentuk desain Art Nouveau.


Art Nouveau dari Alphonse Mucha
 Penyebab munculnya Art Nouveau adalah revolusi industri di inggris yang telah menyebabkan mekanisasi di dalam banyak hal. Barang barng di buat dengan sistem produksi massal dan dengan ketelitian nya tinggi.
Sebagai dampaknya keahlian tangan seorang seniman tidak begitu lagi di hargai karena telah di gantikan kehalusan buatan mesin. Revolusi industri di anggap telah menghilangkan sifat manusiawi dalam seni. Sebagai jawabannya seniman beralih ke bentuk bentuk yang mungkin bisa di capai dengan produksi massal. 


Art Nouveau dari Alphonse Mucha
Lukisan, karya karya seni rupa dan kriya di arahkan pada kurva kurva halus yang kebanyakan terinspirasi dari keindahan garis garis tumbuhan di alam. Sebenarnya Art Nouveau mendapat inspirasi dari karya karya seni Asia Timur, khusunya China dan Jepang. Art Nouveau di sebut sebagai “ Total Style” karena memiliki tingkat hierarki dalam dunia desain, yaitu meliputi arsitektur,interior,seni dekoratif, perhiasan, tekstil,furniture, peralatan rumah tangga dan sebagainya.
Art Nouveau sempat berkembang sangat pesat dan menyebar ke seluruh Eropa namun tidak begitu lama setal Art Deco kemudian muncul menggantikannya.


Salah satu karya lukis Art Nouveau
Art Nouveau di sukai kedatangannya abad ke-20 modernis gaya, dilihat dari ini sebagai jembatan yang penting antara  historisisme dari NeoClassicism dan moderenisme maka Art Nouveau di akui UNESCO sebagai  warisan dunia sebagai mana Batik,  Wayang dan sebagainya.



2 comments:

Tourpeace mengatakan...

nice gan :)
Saya sudah capek bacanya,,,langsung tidur disini boleh gak nih kwkwk :v

sikatxdesign mengatakan...

Boleh gan ;) cari tempat yg nyaman

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG, TINGGALKAN COMMENT JIKA BERKENAN ;)

 
Free Website templatesfreethemes4all.comLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Web Templates