VINCENT VAN GOGH ( 1853 -1890 )



“Kejeniusan kadang berbeda tipis dengan kegilaan”  pernyataan segelintir orang ini mungkin bisa jadi benar jika kita mengamati  sejarah hidup seorang Vincent Van Gogh .
Vincent van Gogh lahir  di desa  Groot-Zundert , dekat Brenda –Belanda pada 1853. Dia adalah pelukis belanda yang di abaikan dan disalahpahamkan pada masa hidupnya. Ia  bunuh diri pada usia 37, di tahun 1890.
Van gogh belajar menggambar dan melukis, berusaha keras unruk meningkatkan keterampilannya. Lukisannya awalnya di belanda dan belgia gelap dan suram, menampilakan kehidupan pekerja nista dan miskin.
Kemudian ia pergi ke paris dan perancis selatan di tahun 1888, di perancis selatan ini pula ia menyewa studio  “ rumah kuning “ tepatnya di arles. Disana ia bekerja bersama pelukis lain termasuk Gauguin. Di bawah pengaruh mereka, van gogh bereksperimen dengan warna warna cerah dan jelas. Menyapu kuas kuat kuat di atas kanvas. Teknik ini akhirnya menjadi milik Vincent van Gogh. Sapuan kuasnyayang lugas dan bergairah menunjukan emosi yang dalam dan kekalutan, walaupun objek lukisan yang di buatnya nampak damai. Lukisan benda benda biasa dalam kehidupan sehari hari. Kamar tidurnya, kursi, sepatu, seikat bunga matahari. Ia tidak pernah melukis subjek  agung apapun. Ia hanya melukis selama 10 tahun dalam hidupnya lalau kemudian bunuh diri. Van gogh tidak terkenal semasa hidupnya beliau mengalami kehidupan yang sulit dan penuh pergolakan, kehilangan orang orang yang dikasihi dan terlilit masalah keuangan. Hal ini yang memicu keputusasaan dan gangguan kejiwaannya, perselisihan Gauguin yang tinggal bersamanya membuat van gogh kebingungan dan mengancam gauguin dengan silet. Tak lama kemudian van gogh memotong sebagian kupingnya dengan silet entah disengaja atau kecelakaan, hal ini bisa dilihat dari beberapa lukisan dirinya dengan kuping yang berbalut perban . masalah kejiwaan yang semakin parah membuat van gogh mendaftarkan diri ke sebuah lembaga psikiatris dimana beliau membuat lukisan yang terkenal yaitu pohon pohon cemara dan langit penuh bintang. Pada tanggal 27 juli 1890 beliau berjalan keladang jagung dan menembak dadanya sendiri . Kejeniusannya baru di akui setelah ia meninggal. Semasa hidupnya  beliau hanya menjual sebuah lukisan saja . namun kini sekitar setengah juta orang dan 90 persen diantaranya berasal dari luar belanda mengunjungi museumnya yang berada di amsterdam setiap tahunnya , hal ini membuktikan bahwa van gogh sebagai seniman yang jenius dan  terkenal di berbagai penjuru dunia.

0 comments:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG, TINGGALKAN COMMENT JIKA BERKENAN ;)

 
Free Website templatesfreethemes4all.comLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Web Templates