REMBRANT VAN RIJN ( 1606 – 1669 )

Rembrant  Harmenszoon Van Rijn lahir 15 juli 1606 dan meninggal pad 4 oktober 1669. Adalah pelukis Belanda yang merupakan salah satu pelukis  terbesar dalam sejarah Eropa. Rembrant di kenal dengan keahliannya memanipulasi ekspos cahaya terhadap objek sehingga memberika efek tertentu di dalam lukisan. Rembrant juga sring membuat karya karya grafis dan gambar. Kontribusinya yang besar dalam senirupa terjadi pada era keemasan Barok di belanda sekita abad 17.
Rembrant yang terlahir di Leiden,Netherlands dari keluarga yang hidup cukup sejahtera, ayahnya bekerja di penggilingan , sementara ibunya seorang anak tukang roti.

Rembrant_Self Portrait
Masa kecilnya dilewati di sekolah latin dan kemudian melanjutkan ke Universitas Leiden meskipun ia jauh lebih tertarik ke dunia melukis. Untungnya sang ayah segerah menyadari, kemudian ia mengirimnya untuk magang kepada pelukis terkenal Leiden, Jacob Van Swanenburgh. Setelah lepas dari kewajiban magang bersama Peiter Lastman di Amsterdam, Rembrant membuka studio  di Leiden yang di dirikan dan digunakannya bersama Jan Lievens. Pada tahun 1627, Rembrant mulai menerima murid, slah satunya Gerrit Dou.

The Mill_ Rembrant

 
Semenjak 1631, Rembrant telah mendapat ruputasi yang baik dari penugasannya sebagai pelukis potret tokoh tokoh di Amsterdam. Selanjutnya ia kemudian pindah kesana dan tinggal di rumah penyalur lukisan, Hendrick Van Uylenburgh. Kepindahan ini kemudian berlanjut dengan perkawinannya dengan cucu jauh Hendrick, Saskia Van Uylenburgh pada 1634. Pernikahan jelas atas alasan cinta. Meskipun ayah Saskia dulunya adalah burgemeester (gubernur) Leeuwarder, Saskia pada masa itu telah menjadi yatim piatu dan tidak berlimpahan harta. Saskia tinggal bersama kakaknya di Frisia dan tidak memiliki banyak koneksi di Amsterdam untuk mendukung karier Rembrant. Pada 1639, Rembrant dan Saskia pindah ke sebuah rumah kecil di jodenbreestraat, di sebuah perkampungan Yahudi ( saat ini menjadi Rembrant House Museum ) meskipun hidup sejahtera, keluarganya menghadapi cobaan. Tiga anaknyameninggal saat lahir. Hanya yang lahir 1641 yang bisa hidup hingga dewasa. Saskia meninggal 1642 sesaat setelah kelahiran Titus, kemungkinan akibat TBC.
Akhir 1640-an posisi Saskia sebagai istri digantikan oleh Hendrickje Stoffels yang sebelumnya bekerja sebagai pelayan rumah tangga Rembrant. Pada 1645 mereka mendapat seoarang anak perempuan Cornelia, yang mebuat Hendrickje divonis oleh Reformed church Belanda untuk menjalani status “ hidup dalam dosa “. Rembrant tidak hadir dalam persidangan tersebut karena bukan anggota gereja.
Rembrant hidup boros, termasuk dengan membeli banyak karya seni khususnya cetakan ( kebanyakan di jadikan refrensi lukisannya ), dan barang barang antik, yang kemungkinan besar menjadi alasan kebangkrutannya pada tahun 1656. Ia terpaksa menjual rumah dan pindaah kerumah yang lebih sederhana di Rozengracht. Di sini, Hendrickje dan Titus memulai usaha toko barang seni hingga akhir riwayatnya. Bagaimanapun reputasi Rembrant tidak tenggelam pada masa ini karena ia masih mendapat penugasan untuk lukisan lukisan sejarah besar untuk balai kota yang baru.
Rembrant hidup terpisah dengan Hendrickje dan Titus. Pada akhir riwayat, hanya Cornelia yang ada di sampingnya. Hidup terpisa membuat ia terpukul berat dan akhirnya meninggal pada 4 oktober 1669 di Amsterdam dan di kubur tanpa tanda dan upacar apapun di Westerkerk.

Bathsheba_Rembrant

0 comments:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG, TINGGALKAN COMMENT JIKA BERKENAN ;)

 
Free Website templatesfreethemes4all.comLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Web Templates