TIPS MEMBELI / MEMILIH GITAR ELEKTRIK UNTUK PEMULA


Banyak mungkin di antara kita kebingungan memilih gitar elektrik yang akan di beli
Berikut ini sedikit share tips yang mungkin dapat di jadikan sebagai masukan

1.    Lihat kemampuan dana
Sebaiknya tetapkan kisaran dana yang akan di jadikan patokan pembelian gitar  bisa jadi yang mahal atau malah yang sedang sedang saja  tapi kata tetangga saya “ harga tak pernah bohong bung “  ;)
2.    Kenali gaya permainan kita
Dengan mengenali gaya permainan mungkin kita dapat menentukan seperti apa gitar yang kita butuhkan . sebut saja  gaya permainan kita speed  dan gitar yang kita beli kelak akan digunakan sebagai lead gitar , kecenderungan permainan lead kita menggunakan sweep picking  mungkin akan sangat berisik bila kita menggunakan gitar dengan pick up humbuker ( ini sekedar saran karena banyak juga gitaris hebat yang memaikan speed di gitar dengan pick up humbucker )
“ tapi kalo single soundnya ceking dong “ upss jangan salah sekarang banyak pilihan pick up single dengan sound yang sedikit gemuk walau tidak segemuk humbucker.
Mungkin sebagai alternatif kita bisa memilih gitar yang versatile atau serba guna dengan susunan pick up  H-S-H  ( humbucker,single,humbucker ), S-S-H ( single, single, humbucker )
Tergantung kompbinasi pick up mana yang kalian sukai.


3.    Playability
Kenyamanan sebuah gitar sangat penting maka ada baiknya mencoba dulu memainkan gitar tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya , jangan cuma tertarik hany a dengan melihat bentuk dan warna gitar tersebut. Test drive dulu dengan gaya permainan kamu apaka scale neck ,kontur neck nyaman di gengaman tangan kamu, material fretboard  seperti rosewood yang licin atau maple yang sustainnya baik yang kamu sukai, bila sudah merasa  nyaman baru kelangkah selanjutnya. Perhatikan posisi master control seperti volume,tone dan pick up selector  apakah seperti yang kamu mau dan mendukung gaya permainan kamu. Cek jenis,size bahan dan  Jumlah fret  juga mendukung permainan kamu.  
4.    Tone atau sound
Seperti apa sound atau tone yang kita cari ? yang gemuk dan kering seperti suara humbuckernya gibson atau yang clear twang seperti tradisional soundnya fender ?
Banyak hal yang mempengaruhi tone atau sound dari sebuah gitar , selain pick up,  fretboard ,tonewood atau material kayu yang di gunakan oleh gitar tersebut,  jenis gitar solid atau hollow jelas berbeda tone dan sound untuk wood bisa di lihat di postingan ini .
sistem  neck joint atau bagai mana neck gitar tersebut di sambung ke bodi bahkan  bridge sistem mempengaruhi sustain yang akan di hasilkan. Contoh neck yang glue on lebih menghasilkan sustain yang baik di banding neck yang di pasang dengan sistem bolt on, atau gitar dengan string thru body lebih menghasilkan sustain yang baik di banding gitar dengan tremolo up down misalnya. Jenis dan karakter pick up bisa kamu googling sebagai refrensi.
5.    Finishing
Perhatikan finishing gitar tersebut  kerapian kehalusan hardware mungkin bisa menjadi bahan pertimbangan .
6.    Brand
Brand gitar mana yang kamu suka pilih yang sesuai dengan kantong dan kebutuhanmu .
Tapi perhatikan tidak semua brand dan gitar yang beredar saat ini asli so waspadalah ...waspadalah .....
Selamat membeli dan membeli ....!!!!
Mungkin kamu ingin mengkostum sendiri gitarmu untuk panduan tips sebelum mengkostum gitar bisa di lihat di disini

1 comments:

Unknown mengatakan...

sob boleh tanya ? saya mau beli gitar tp bingung dan masih awam tentang gitar listrik , kalo bisa kasih saran dong gitar listrik yg cocok buat pemula apa ?

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG, TINGGALKAN COMMENT JIKA BERKENAN ;)

 
Free Website templatesfreethemes4all.comLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Web Templates