ANTONIO BLANCO



Antonio Maria Blanco lahir di Manila Filiphina 15 september 1912 dan meninggal di Bali, Indonesia 11 Desember 1999 pada umur 87 tahun.
Ia dalah seorang pelukis keturunan Spanyol Dan Amerika yang jatuh cinta Terhadap Bali.
Ia  sempat bekerja di Florida dan California,Amerika serikat, hingga  suatu ketika hatinya tertarik ingin mengeksplorasi pulau pulau di samudera Pasifik sebagai inspirasinya. Ia mengagumi pelukis  seperti  Paul Gauguin, Jose Miguel Covarrubias dan banyak pelukis lain sebelum  dirinya.
Tadinya ia berencana pergi ke Tahiti namun nasib membawanya ke Jepang , Hawaii dan Kamboja dimana ia menjadi tamu kehormatan pangeran Norodom Sihanouk.
Dari Kamboja ia kemudian pergi ke Bali tepatnya di tahun 1952 dan menikah dengan seorang wanita model lukisannyayang juga seorang penari tradisional Bali. Wanita tersebut bernama Ni Ronji  pada tahun 1953. Kisah cinta Antonia blanco sendiri senpat di film kan di indonesia dengan judul  “ Kisah Cinta Antonio Blanco “. Bali memberikan elemen penting yang ia butuhkan untuk membangun hasrat seninya yang jenius. Pemandangan alam yang indah, suasana lingkungan yang seperti ia impikan dan keberadaan seni serta cinta yang tinggi.

Antonio  & Ni Ronji , Cempaka dan Mario 

 
Sejak saat itu Antonia tak penah meninggalkan mimpinya itu dan mewujudkannya dalam karya karyanya semasa hidup. Tempat tinggalnya di ubud menjadi tempat istirahatnya yang penuh keajaiban, bangunan tersebut di bangun berdasarkan citra dan kesukaannya hal ini membuat nya betah  tinggal di dalamnya dan jarang keluar rumah.
Tanah dimana dibangunnya rumah Antonio terebut merupakan tanah pemberian raja ubud dari puri saren yaitu Tjokorda gede agung sukawati.




Sang maestro sangat identik dengan wanita karena wanitalah yang menjadi fokus karya karyanya. Dengan kata lain Antonia dapat disebut sebagai pelukis Feminin abadi. 





Antonio meninggal di denpasar bali pada tanggal 10 Desember 1999 karena penyakit jantung yang di deritanya. Meninggalkan seorang istri dan empat orang anak yaitu Cempaka,Mario,Orcid dan Mahadewi. Ia di kremasi dengan cara hindu hal ini dilakukan karena Antonia telah memeluk hindu.
Keinginan antonio memiliki museum akhirnya terwujud, museum ini di berinama Antonia Blanco Renaissance Meseum,menyimpan lebih dari 300 karya Antonio yang secara kronologis memperlihatkan pencapaian estetik seorang  Antonio Blanco.



0 comments:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG, TINGGALKAN COMMENT JIKA BERKENAN ;)

 
Free Website templatesfreethemes4all.comLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Web Templates