POP ART



Foto Marilyn Monroe kaya Pop Art Andy Warhol
Awal 1956 di inggris dan awal 1960-an di amerika
Pada pop Art di gambarkan karya artis modern dengan tampilan yang unik. Mula mual dari karya artis perancis Marcel Duchamp dan artis Jerman Kurt Schiwitters. Karya dan pemikiran duchmap telah mengubah definisi seni dan cara pandang orang terhadapnya.
Duchamp menjadi cepat terkenal dengan “model instant” nya. Objek objeknya berasal dari konteks sederhana yang ada di sekitar kita sehari hari dan di pamerkan di sebuah galeri sebagai sebuah karya seni. Reaksi orang pada saat itu bermacam macam.
Dan akhirnya”....seperti ini ternyata juga seni ....”
Munculnya seni baru ini berbeda dengan karya karya seni pada periode sebelumnya, ternyata pop art yang di sajikan secara sangat efektif melalui media cetak dan media massa akibatnya sungguh luar biasa. Istilah pop art pertama kali lahir dari pena seorang kritikus inggris, lawrence alloway  pada akhirnya 1950-an utnuk menggambarkan apa yang ia lihat sebagai perubahan atidual kotemporer pada subjek dan teknik seni. Bukannya berisi content-content langka seperti cerita bible, mitos.  Atau legenda yang secara tradisional sering menjadi subjek seni murni, dalam pop art yang menjadi inspirasi adalah budaya ( gaya hidup konsumtif) barat sebagai sarana promosi perusahaan. Aliran seni ini mulai merebak di inggris pertengahan 1950-an tepatnya tahun 1956 dan di amerika pada 1960-an. Pop art fokus pada objek yang sering di temukan sehari hari yang di buat dengan adopsi seni komersial.

Andy Warhol " Campbell's soup "
Sementara itu para seniman juga banyak mengadaptasi budaya popular seperti film layar lebar, komik, iklan, dan yang paling banyak tentu saja dari televisi.
Andy warhol bukanlah seniman pertama yang mengadaptasi iklas menjadi sebuah seni, namun sampai saat ini diakui sebagai praktisi pop art terbaik dengan karyanya. “200 Campbell’s Soup Cans” (1962) dan “Marilyn Monroe Diptych” (1962), warhol mencoba mengangkat reproduksi mekanis dari status seni murni, menjadi seni pop. Pop art didesain berdasarkan dari masyarakat dan untuk masyarakat, walaupun hanya bisa dibuat oleh orang orang tertentu. 

Wedha Pameran Tunggal Pop Art 2008

Popularitas pop art kemudian memudar menjelang tahun 70-an setelah munculnya seni abstrak ekspresionis, namun belakangan ini ketika teknologi digital sudah sangat maju, kerangka pop art mulai diminati lagi dengan di buatnya beberapa karya pop art menggunakan photoshop.

0 comments:

Posting Komentar

TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG, TINGGALKAN COMMENT JIKA BERKENAN ;)

 
Free Website templatesfreethemes4all.comLast NewsFree CMS TemplatesFree CSS TemplatesFree Soccer VideosFree Wordpress ThemesFree Web Templates